Sabtu, 20 Mei 2017

Hal unik tentang Tuban

(http://image.108jakarta.com/article/2016/10/18/476f6e94c57b654288be2852eb8487f6/img_article.jpg)
Kota Tuban merupakan kota yang memiliki sejuta ciri khas yang unik dan tak heran pula jika kota Tuban banyak di sambangi oleh wisatawan lokal dan asing karena memiliki ciri khas yang berbeda dengan kota-kota lainya di Jawa Timur, salah satunya yaitu batik Gedog yang teknik pembuatanya diwariskan secara turun temurun dengan jumlah motif yang mencapai ratisan. motif-motif yang tertuang dalam kain batik merupakan bukti terjadinya asimilasi dan akulturasi budaya lokal Tuban dengan budaya dari manca Negara. sebagian besar motif  batik Gedog tersebut telah mendapatkan sertifikat hak paten sebagai motif kain batik asli Tuban. sentra kerajinan berada di kecamatan Kerek, Merakurak, Semanding, Tuban, dan Palang.

(http://assets.kompasiana.com/statics/crawl/552ac2626ea8341d4f8b4568.jpeg?t=o&v=700)
Motif khas batik Gedog merupakan motif dari daun buah siwalan. Keunikan daun siwalan ini yang serupa jari terletak pada ujung pelepah, tanaman siwalan ini cocok tumbuh di daerah Tuban karena keadaan iklimnya yang kering . keadaan tanaman siwalan ini nampak sangat bermanfaat bagi petani pemilik lahan. Produk-produk yang dihasilkan dari pohon siwalan seperti buah siwalan, legen dan tuak. Sangat nyata nampak terpajang di warung-warung di sepanjang jalan keluar-masuk Tuban baik dari arah Semarang, Surabaya dan terutama dari arah Bojonegoro. Daging buah dan air  siwalan mempunyai rasa khas yang tidak terlalu kuat, buah siwalan ini sangat laku pada bulan puasa untuk dijadikan sebagai minuman berbuka puasa. Meskipun ada orang yang menjual gula siwalan, namun ternyata legen lebih menguntungkan dan lebih mudah laku jika dijual sebagai legen dari pada diolah lebih lanjut menjadi gula. Khas legen siwalan ialah manis, sedikit rasa gurih yang khas tetapi jika tuak mempunyai rasa sedikit manis seperti legen ditambah rasa aroma fermentasi alkohol dan laktat.
(http://www.satuharapan.com/uploads/pics/news_59441_1464865933.jpg)
Terkait keunikan dari buah siwalan dan Batik Gedog Tuban juga mempunyai ciri khas tersendiri yaitu Masjid Agung Tuban. Masjid Agung Tuban letaknya berdekatan dengan makam sunang bonang ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan masjid-masjid terkenal di penjuru nusantara. Dengan ornamen yang cantik, ditambah dengan polesan yang begitu detail, lantai keramik yang indah, twmbok yang penuh ukiran, sampai kubah yang bercat warna-warni, membuat masjid ini semakin mewah dan indah. Masjid ini sangat ramai dikunjungi wisatawan karena letaknya yang berdekatan dengan sunan bonang dan memiliki ciri yang khas.
(http://www.kanalpost.com/wp-content/uploads/2016/02/masjid-agung-tuban-yang-terindah-di-indonesia.jpg)
Karena kabupaten Tuban yang memiliki wilayah pantai sepanjang 65 km yang membujur dari timur ke barat, tidak heran jika nelayan di jadikan sebagai salah satu mata pencaharian di wilayah Tuban bagian utara. Para warga yang kehidupanya di sekitar pesisir pantai bergantung pada kekayaan laut, mereka mencari rezeki dari laut walaupun sekuat apapun ombak menerpa mereka tetap melaut, panas terik dan bahaya kadang tidak mereka hiraukan demi untuk anak dan istri mereka. Kadang-kadang mereka melaut tidak membawa hasil saat mereka pulang dari melaut. Selain itu, pantai Boom yang menjadi lokasi wisata, menjadi peluang warga sekitar untuk mendapatkan tambahan rezeki dengan berjualan aksesoris maupun pernak pernik khas Tuban
(http://berita.beritajatim.com/brt673659288.jpg)

0 komentar:

Posting Komentar